A.
Sekilas tentang Internet
Internet
merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika
Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced
Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan
bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa
melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi
dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi
cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP
(Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan
awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu
Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem
jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah
vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari
terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah
dihancurkan.
Pada
mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research
Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana
mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET
diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini
berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut
ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh
sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer
dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti,
universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama
DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Tahun
1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan progma email yang diciptakan
setahun sebelumnya untuk ARPANET. Program email itu begitu mudah sehingga
menjadi populer dan banyak dinikmati. Ikon @ pada email menyatakan pada atau at
dalam internet. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan di
luar Ameriks Serikat. Komputer University Collage di London merupakan komputer
pertama di luar Amerika Serikat yang menjadi anggota ARPANET. Di tahun yang
sama, dua orang ahli komputer (Vinton Cerf dan Bob Kahn) mempersentasikan
gagasan yang lebih besar, yang kemudian menjadi cikal bakal pemikiran internet.
Ratu
Inggris pada tahun 1976 juga berhasil mengirimkan email dari Royal Signals and
Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, lebih dari 100 komputer
tergabung di ARPANET yang membentuk sebuah jaringan. Dari sini pula berkembang
pengertian internet sebagai jaringan komputer luas dan besar yang menghubungkan
pemakai komputer dari satu komputer ke komputer lainnya di seluruh dunia.
Istilah
lain yang kita temukan dalam internet adalah NewsGroup. Awalnya dikenal dengan
USENET. NewsGroup ditemukan tahun 1979 oleh Tom Truscolt, Jim Ellis dan Steve
Bellovin. Dan tahun 1981, France Telecom menciptakan gebrakan dengan
meluncurkan telpon televisi pertama dimana orang bisa saling menelepon sambil
berhubungan dengan video link.
Pada
tahun 1982 penggunaan jarigan komputer semakin meningkat, sehingga menimbulkan
ide untuk membuat sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Maka
terbentuklan Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protocol atau
IP. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer yang dikenal dengan Eunet,
menyediakan jaringan di Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia dengan layanan email
dan newsgroup.
Tahun
1987 jumlah komputer yang saling tersabung mencapai 10 kali lipat yang
menimbulkan ide untuk membuat penyeragaman terutama alamat. Dan dikembangkan
sistem penamaan dalam jaringan komputer yang dikenal dengan Domain Name Syatem
(DNS) yang mana di tahun 1984 juga sudah diciptakan.
Istilah
Chat dalam dunia maya ternyata ditemukan oleh Oikarinen dari Finland tahun
1988, yaitu IRC (Internet Relay Chat). Dan tahun 1990 baru muncul WWW (World
Wide Web) yang ditemukan oleh Berners Lee yang bisa menjelajahi satu komputer
ke komputer lainnya di seluruh dunia. Ini yang menjadi dasar berkembangnya
pembelajaran berbasis web yang akan kita geluti satu semester ke depan.
Pengembangan
tentang standarisasi web terjadi pada tuhun 1994, CERN dan MIT (Massachusset
Institute of Technology) membuat persetujuan untuk membentuk Konsorsium World
Wide Web.
Sejarah
internet Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet
di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat
kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa di antara
para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada
perkembangannya kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian
aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan Internet. Sejak 1988, ada
pengguna awal Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan
Compuserve (AS) untuk mengakses internet.
Berdasarkan
catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia,
UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni
1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu,
Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama
legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia di tahun 1992 hingga 1994.
Masing-masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam
membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.
B.
Cara mengakses Internet
Adapun cara mengakses internet
adalah sebagai berikut.
1.
Melalui
Wi-Fi
Wi-Fi
merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu
sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal
Nirkabel (Wireless
Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar
terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.11 g, saat ini sedang
dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan
mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.
Awalnya
Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal
(LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital
assistant (PDA)
untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal
dengan hotspot) terdekat.
Secara
teknis operasional, Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan
informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLAN (wireless local area network).
Dengan kata lain, Wi-Fi adalah sertifikasi merek dagang yang diberikan pabrikan
kepada perangkat telekomunikasi (internet) yang bekerja di jaringan WLAN dan
sudah memenuhi kualitas kapasitas interoperasi yang dipersyaratkan.
Teknologi
internet berbasis Wi-Fi dibuat dan dikembangkan sekelompok insinyur Amerika
Serikat yang bekerja pada Institute of Electrical and Electronis Engineers (IEEE) berdasarkan standar teknis
perangkat bernomor 802.11b, 802.11a dan 802.16. Perangkat Wi-Fi sebenarnya
tidak hanya mampu bekerja di jaringan WLAN, tetapi juga di jaringan Wireless Metropolitan Area Network (WMAN).
2.
Internet
Kabel
Sifat-Sifat Internet Kabel
a.
Kelebihan
Yang dimiliki
Internet
lewat jaringan TV kabel mempunyai beberapa kelebihan dibanding Internet lewat
jaringan telepon. Salah satunya adalah akses Internet selama 24 jam. Hal ini
bisa terjadi karena operator TV kabel mengaktifkan jaringan dan pelayanannya
selama 24 jam penuh.
Jika pelanggan
menambah fasilitas Internet, para operator TV kabel akan menarik tambahan pada
biaya langganan bulanan. Biaya tambahan ini “jatuhnya” lebih murah dibanding
ongkos yang harus dibayar jika menggunakan media saluran telepon selama 24 jam
untuk satu bulan.
Selain
itu, dengan Internet kabel tidak perlu lagi ada proses dialing seperti yang
dilakukan pada jaringan telepon. Tidak ada lagi jawaban nada sibuk (busy tone)
saat semua saluran telepon ke ISP sedang padat. Dan, tidak ada lagi panggilan
telepon yang tidak terjawab karena kita sibuk berInternet-ria.
Kecepatan
transmisi data (upstream dan downstream) juga lebih tinggi dibanding transmisi
data pada jaringan telepon standar maupun ISDN/Integrated Service Digital
Network. Jika kecepatan transmisi data maksimum pada saluran telepon standar
sebesar 28,8 kbps (kilo bit per detik), dan pada ISDN sebesar 128 kbps, maka
pada jaringan TV kabel dapat mencapai 38 Mbps (Mega bit per detik). Kecepatan
transmisi data ini kinerjanya tidak dipengaruhi jauh-dekatnya jarak antara
pelanggan dan penyedia layanan.
Dengan
kecepatan setinggi itu, kita dapat menerima aliran video audio (audio video
stream) yang lebih lancar, tidak diam membeku (freeze). Dengan demikian,
teleconference dengan live video-audio bersama rekanan kerja atau video-audio
chatting dengan keluarga di tempat yang jauh dapat dilakukan dengan nyaman.
Kecepatan-kecepatan
yang sangat tinggi biasanya dapat dicapai jika kabel yang dipakai dalam sistem
trunk dan distribusi adalah kabel serat optik. Kabel coaxial hanya digunakan
sebagai kabel drop, yaitu kabel penghubung antara pelanggan dan tap distribusi.
b.
Kelemahan
Yang dimiliki
Bagaimanapun
juga penggunaan kanal tunggal ini mempunyai efek bagi para pengguna cable
modem. Bila Anda sudah terkoneksi duluan ke Internet melalui sebuah kanal yang
masih kosong, maka Anda dapat memanfaatkan seluruh bandwidth hanya untuk
keperluan Anda. Namun seiring dengan adanya penambahan pelanggan baru, terutama
pelanggan yang boros bandwidth, Anda terpaksa harus berbagi bandwidth dengannya
dan Anda akan merasakan penurunan unjuk kerja yang signifikan. Hal ini
disebabkan karena penggunaan kanal yang dialokasikan untuk internet digunakan
secara bersama-sama oleh semua pelanggan.
Mungkin
saja terjadi, pada saat koneksi penuh, unjuk kerja akan jauh dibawah teori.
Berita baiknya, penurunan unjuk kerja ini dapat diatasi dengan menambahkan
kanal baru dan membagi rata jumlah pengguna tiap kanal yang digunakan untuk
transmisi data lewat internet.
c.
Melalui
Wibro
WiBro
(Wireless Broadband) adalah yaitu layanan internet portabel yang dipancarkan
pada frekuensi 2,3 GigaHertz (GHz). WiBro memungkinkan akses internet broadband
ke berbagai perangkat. Termasuk ponsel, komputer notebook, dan PDA. Dari segi
mobilitas, Wibro juga dinilai lebih efisien ketimbang WiFi yang sekarang
menjadi standar internet nirkabel. Jangkauan WiFi masih terbatas kira-kira
sampai 100 meter, sementara Wibro diklaim dapat diakses sampai jarak 1
kilometer dari stasiun pemancarnya.
Akses
Wibro juga disebut masih bisa diterima di dalam kendaraan berkecepatan 60
kilometer per jam. WiBro dikembangkan Samsung bersama dengan Electronics and Technology Research Institute
(ETRI) dan telah mendapat sertifikat dari Wimax Forum. Teknologi ini mampu
mengirim data dengan kecepatan hingga 50 Mbps. Kecepatan transfer data mampu
mengungguli kecepatan transfer data berplatform HSDPA yang memiliki kemampuan
mengirim data hingga 14 Mbps.
WiBro
adalah pengembangan lebih lanjut dari standar teknologi buatan Korea yang
disebut high-speed portabel internet (HPI). Para pengembangnya antara lain KT
Corps, SK Telecom, dan Electronic & Telecommunications Research Institute.
Kini standar teknologi HPI sudah dianggap termasuk satu dari standar teknis
global mengingat HPI memakai standar 802.16e dari Institute of Electrical and
Electronics Engineers (IEEE).
3.
Melalui
Dial-up
Dial-up
connection atau dial-up saja adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada akses Internet dengan menggunakan jalur
telepon tetap
atau telepon
bergerak.
Pertama-tama, komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa
Internet. Setelah
terhubung maka komputer dapat segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan
telepon.
Masih
banyak orang yang mempergunakan layanan Dial-up ini disebabkan
ketidakmampuan mendapatkan layanan hubungan kecepatan tinggi (high-speed Internet connection), karena keterbatasan biaya dan area geografis.
4.
Melalui
Jaringan GPRS
GPRS
(singkatan bahasa Inggris: General Packet Radio Service,
GPRS) adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat dibandingkan dengan
penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD.
Penggabungan layanan telepon seluler dengan GPRS (General Packet Radio Service)
menghasilkan generasi baru yang disebut 2.5G. Sistem GPRS dapat digunakan untuk
transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), Wireless Application Protocol (WAP), dan World Wide Web (WWW).
C.
IP Adress
Alamat IP
adalah Kombinasi angka unik yang ditetapkan untuk mengindentifikasi/mengenali
suatu host di suatu jaringan/internet agar bisa berkomunikasi satu sama lain.
Angka ini dibutuhkan oleh software-software internet untuk mengakses informasi
dari dan ke host tersebut.
Seorang
tukang pos akan mudah dalam mengirimkan surat kepada tujuannya ketika alamat
rumah penerima lengkap dan jelas. Begitu juga didunia networking/internet,
setiap computer yang ingin terhubung ke jaringan/internet maka computer tsb
harus memiliki alamat yang jelas agar bisa berkomunikasi satu sama lain.
Pengguna internet umumnya hanya mengenal nama domain dari alamat website yang
akan dikunjungi, seperti: detik.com, ilmukomputer.com, e-dukasi.net, yahoo.com, gmail.com, dll. Tapi sebenarnya alamat-alamat tersebut merupakan
konversi dari alamat computer/jaringan berbasiskan angka yang unik. Konsep
dasarnya pengalamatan pada komputer menggunakan sekumpulan angka sebanyak 32
bit (IPv4) atau 128 bit (IPv6) yang dikenal sebagai IP address (Alamat IP).
Adanya IP Address merupakan konsekuensi dari penerapan Internet Protocol untuk mengintegrasikan jaringan komputer Internet di dunia.
Seluruh host (komputer) yang terhubung ke Internet dan ingin berkomunikasi
memakai TCP/IP harus memiliki IP Address sebagai alat pengenal host pada
network. Secara logika, Internet merupakan suatu network besar yang terdiri
dari berbagai sub network yang terintegrasi. Oleh karena itu, suatu IP Address harus bersifat unik. Tidak boleh ada satu IP Address yang
sama dipakai oleh dua host yang berbeda. Contoh IP Address : 66.249.89.99 (www.google.com) , 203.130.198.131 (www.e-dukasi.net) , 192.168.0.1, dll
Untuk itu,
penggunaan IP Address di seluruh dunia dikoordinasi oleh lembaga sentral
Internet yang di kenal dengan IANA (Internet Assigned Numbers Authority). Badan-badan yang mengawal IP
dibawah IANA adalah:
1.
APNIC (Asia Pacific Network Information Centre) – kawasan
Asia/Pacific
2.
ARIN (American Registry for Internet Numbers) – kawasan Amerika
Utara dan Afrika
3.
LACNIC (Regional Latin-American and Caribbean IP Address Registry)
– kawasan Amerika Latin dan beberapa kepulauan Karibia
4.
RIPE NCC (Réseaux IP Européens) – kawasan Eropa, Asia tengah, and
Afrika utara.
IP Address berdasarkan
perkembangannya dibagi kepada dua jenis :
1.
IPv4
(Internet Protocol versi 4) Merupakan Alamat IP yang terdiri dari 32 bit yang
dibagi menjadi 4 segmen berukuran 8 bit. ditetapkan oleh IANA
2.
IPv6
(Internet Protocol versi 6) Merupakan alamat ip yang terdiri dari 128 bit
ditetapkan oleh IANA untuk mengatasi permintaan IP Address yang semakin
meningkat.
D.
Sumber Daya di Internet
Internet memilik banyak sumber daya, seperti pada
table di bawah:
Sumber Daya
|
Keterangan
|
E-mail
|
Digunakan
untuk melakukan pertukaran surat elektronis
|
Newsgroup
|
Forum
diskusi
|
Mailing
List
|
Kelompok
diskusi dengan menggunakan surat elektronis
|
IRC
(Internet Relay Chat)
|
Fasilitas
yang memungkinkan pemakai melakukan dialog dalam bentuk bahasa tertulis
secara interaktif
|
Telnet
|
Fasilitas
yang memungkinkan pemakai melakukan koneksi (login) kesuatu system komputer
|
FTP
(File Transfer Protocol)
|
Sarana
untuk melakukan transfer berkas dari komputer local ke suatu komputer lain
atau sebaliknya.
|
Gopher
|
Perangkat
yang memungkinkan pemakai untuk menemukan informasi yang terdapat pada server
gopher melalui menu yang bersifat hierarkis
|
Archie
|
Perangkat
yang dapat digunakan untuk melakukan pencarian berkas pada situs FTP
|
Veronica
(Very Easy Rodent-Oriented Netwide Index to Computer Archieves)
|
Merupakan
kemampuan tambahan yang dipakai untuk melakukan pencarian pada situs-situs gopher
|
WAIS
(Wide Area Information Servers)
|
Perangkat
yang digunakan untuk melakukan pencarian data pada internet yang dilaksanakan
dengan menyebutkan nama basis data dan kata kunci yang dicari
|
World
Wide Web
|
Sistem
yang memungkinkan pengaksesan informasi dalam internet melalui pendekatan
hypertext
|
Sumber daya yang umumdigunakan saat
ini yaitu e-mail, World Wide Web, FTP, Mailing List, dan Telnet.
E.
Mailing List
Mailing
list atau list atau grup diskusi adalah suatu sumber daya di Internet yang
memungkinkan anggota suatu kelompok berdiskusi melalui surat elektronis. Jika ada
seorang anggota kelompok yang mengirimkan surat maka semua anggota akan mendapatkan
surat tersebut.
Untuk
menjadi anggota dari suatu mailing list, pertama-tama anda perlu mendaftar ke suatu
mailing list. Sedangkan untuk keluar dari suatu keanggotaan, anda perlu mengirim
e-mail ke alamat e-mail tertentu.
Situs
seperti http://groups.yahoo.com menyediakan sarana untuk membentuk grup diskusi
baru secara gratis.
F.
Newsgroup
Newsgroup merupakan suatu kelompok diskusi
yang tidak menggunakan e-mail. Diskusi dilakukan dengan menggunakan koneksi langsung
ke lokasi newsgroup. Dalam hal ini tidak ada mekanisme untuk menjadi anggota terlebih
dulu untuk mengakses suatu newsgroup.
Untuk mengakses newsgroup dipelukan
perangkat lunak yang dinamakan newsreader, yakni berupa suatu program yang
dipasang di komputer klien. Contoh newsreader yaitu WinVn, yang merupakan
program di lingkungan Windows yang bersifat domain
publik.
G.
Surat Elektronis
Surat Elektronis (E-mail) adalah sistem komunikasi antar komputer yang
memungkinkan pertukaran informasi berbasis text untuk dipertukarkan secara
elektronik. Seiring dengan perkembangan teknologi, email kemudian memungkinkan
pertukaran file digital melalui lampiran (attachment) email.
Sifat “cepat, murah, dan mudah digunakan” membuat email menjadi bentuk
komunikasi bisnis paling populer, terutama pada pesan-pesan yang dikirim di
dalam perusahaan (internal message). Kebanyakan orng lebih memilih email
dibanding surat atau memo karena sifat informalnya. Bahasa yang bernada bebas,
bersahabat dan “dekat” tidak hanya diterima, tetapi disukai dalam korespondensi
melalui email.
1.
Alamat E-mail
Untuk mengirikan atau menerima surat elektronis,
pemakaian perlu perangkat lunak e-mail semacam Eudora, Outlook, Express, atau
Kmail. Alternatif lain yaitu dengan menggunakane-mail berbasis Web yang
ditawarkan oleh pelbagai portal seperi Gmail, Yahoo, Lycos, dan sebagainya.
Layanan seperti ini dapat diperoleh secara gratis.
Contoh program e-mail
Contoh e-mail berbasis Web
Agar seseorang dapat mengirim dan menerima surat
elektronis, ia perlu memiliki alamat e-mail. Alamat e-mail berbentuk semacam
berikut: triana@pelitanusan.ac.id
Tanda @ memisahakan antara nama pemakai dan nama domain.
2.
Isi e-mail
Gambar di bawah ini memperlihatkan contoh surat
elektronis yang akan dikirimkan seseorang.
Beberapa hal pada gambar di atas perlu diketahui:
a.
Kepada menyatakan alamat
e-mail milik orang yang akan dikirimi surat elektronis.
b.
Cc (carbon copy) menyatakan
alamat e-mail orang yang mendapat tembusan surat
c.
Bcc (blind carbon copy)
menyatakan orang yang mendapat tembusan tetapi orang yand disebut dalam kepada
tak bisa mengetahui kalau e-mail ditembuskan ke orang yang disebutkan dalam Bcc
ini.
d.
Judul menyatakan inti dari
surat. Bagaian ini perlu diisi agar orang yang menerima mendapatkan gambaran
isi surat sebelum membukannya.
e.
Lampiran (attachment)
memungkinkan berkas lain (dapat berupa dokumen, gambar, video, dan bahkan
musik) kedalam surat.
3.
Cara kerja Email
pada email server terdapat dua server yang berbeda yaitu incoming dan
outgoing server. server yang biasa menangani outgoing email adalah server
SMTP(Simplemail Transfer Protocol) pada port 25 sedangkan untuk menangani
incoming email adalah POP3 (Post Office Protcol) pada port 110 atau IMAP (Internet
Mail Access Protocol) pada port 143.
Saat anda mengirim email maka email anda akan ditangani oleh SMTP server
dan akan dikirim ke SMTP server tujuan, baik secara langsung maupun melalui
melalui beberapa SMTP server dijalurnya. apabila server tujuan terkoneksi maka
email akan dikirim, namun apabila tidak terjadi koneksi maka akan simasukkan ke
dalam queue dan di ‘resend setiap 15 menit’. Apabila dalam 5 hari tidak ada
perubahan maka akan diberikan undeliver notice ke inbox pengirim.
Apabila email terkirim email akan masuk pada POP3 server atau IMAP server.
jika menggunakan POP3 server maka apabila kita hendak membaca email maka email
pada server di download sehingga email hanya akan ada pada mesin yang
mendownload email tersebut, dengan kata lain kita hanya bisa membaca email
tersebut pada device yang mendownload email tersebut. berbeda dengan POP3 IMAP
server mempertahankan email pada server sehingga email dapat dibuka kembali
lewat device yang berbeda.
4.
Etika mengirim E-mail
Etika dalam menuliskan surat elektronis dikenal dengan nama netetiquette
atau interneteiquette. Beberapa aturan perlu diketahui.
a.
Benahi dulu susunan e-mail `forwards` Anda bila ingin
mengirim kembali sebagian atau seluruh pesan pada pihak lain. Artinya, luangkan
sedikit waktu untuk menghapus tanda “ atau “ yang biasanya muncul.
b.
Gantilah `Subject` atau judul e-mail bila topik
pembicaraan Anda berubah. Sering kali setelah saling bertukar e-mail beberapa
kali, topik pembicaraan berubah dari aslinya, namun `Subject` atau judul e-mail
belum juga diganti. Akan jauh lebih mudah untuk melacak e-mail yang masuk bila
`Subject` disesuaikan dan dapat mencerminkan isi e-mail.
c.
Hapuslah pesan `Reply` yang tidak perlu. Beberapa program
e-mail secara otomatis memunculkan isi e-mail yang terdahulu bila Anda sedang
membalas atau me-reply-nya. Ada baiknya Anda menghapus pesan tersebut dan hanya
tinggalkan pesan yang benar-benar Anda anggap perlu.
d.
Jangan teruskan surat berantai. Anda tentu merasa
terganggu dan jengkel bila seseorang mengirimi Anda sebuah e-mail tentang humor
atau cerita-cerita, kemudian meminta Anda untuk meneruskannya dengan segera
pada 10 teman Anda yang lain, atau bila tidak, maka Anda akan ketiban
sial.Mengapa Anda juga bermaksud mengganggu dan membuat orang lain jengkel bila
Anda meneruskan e-mail semacam ini? Hapus saja dengan menekan tombol `delete`.
e.
Hormati privacy orang lain. Ini termasuk juga alamat
e-mail mereka. Bila Anda sedang mengirim e-mail ke sejumlah orang yang mungkin
satu sama lain tidak saling mengenal, gunakan `bcc` atau blind carbon copy agar
alamat-alamat e-mail mereka tidak saling diketahui. Bila Anda mudah mengirim
e-mail ke banyak alamat sekaligus tanpa mempertimbangkan saran ini, maka
bersiap-siaplah untuk dikomplain karena mereka menerima spam.
f.
Jangan melakukan spam. Mungkin saja Anda tidak sengaja
melakukannya, tetapi banyak orang tidak menyadari jika mereka menggunakan
alamat-alamat e-mail yang mereka dapat dari `forwarded e-mail`, kemudian menggunakannya
tanpa permisi, ini termasuk bentuk spam.
g.
Jangan berteriak-teriak. Menulis dengan mengaktifkan
huruf besar (tombol `Caps Lock`) dapat diartikan sebagai pertanda kemarahan.
Orang mungkin menganggap Anda sebagai pengguna internet yang tidak baik, atau
tidak sopan sama sekali.
h.
Jangan terburu-buru menghapus suatu e-mail tanpa
berusaha memikirkannya dengan baik. Dalam bahasa tulis, kita memiliki waktu
untuk memikirkan bagaimana kita merespons atas sesuatu e-mail yang membuat kita
marah. Begitu juga dengan ber-e-mail ria. Bila Anda merasa dipenuhi dengan
emosi yang kuat, kemudian menulis balasan dengan emosional pula, maka sebaiknya
jangan buru-buru Anda kirim e-mail tersebut. Simpanlah dulu dalam `draft
folder` selama beberapa hari untuk dibaca ulang. Banyak persahabatan yang
hancur gara-gara terburu-buru menanggapi suatu e-mail tanpa berusaha
memikirkannya dengan bijaksana.
i.
Bersabarlah dalam menunggu `reply`. Ketahuilah, orang
tidak hanya hidup dengan internet. Mereka mungkin tidak membalas e-mail Anda dengan
segera. Masih banyak orang yang mengecek e-mail sepekan sekali.
j.
Akuilah bahwa tidak semua orang senang menerima segala
yang Anda anggap lucu. Jangan terus-menerus mengirimkan sesuatu pada mereka
yang tidak pernah membalasnya, meskipun dengan ucapan terima kasih.
H.
WWW (World Wide Web)
1.
Definisi
WWW ( World
Wide Web ) adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh
pengenal global yang disebut Uniform
Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang
berguna. WWW sering
dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia
hanyalah bagian daripadanya.
2.
Sejarah
WWW adalah suatu program yang ditemukan oleh
Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara
untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, beliau mengembangkan suatu
sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang
diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan
jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi
yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat
yang dikenal sebagai WWW.
WWW dikembangkan pertama kali di Pusat
Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989
Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian
pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah dapat dijalankan dalam
lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara
luas pada jaringan Internet.
3.
Fungsi
WWW
Fungsi WWW adalah menyediakan data dan informasi untuk
dapat digunakan bersama. WWW diciptakan dengan tujuan untuk menyediakan suatu
bentuk penyediaan informasi di internet yang memungkinkan pemakai internet
mendapatkan dan menampilkan informasi dimana saja di internet secara mudah dan
cepat.
Jika kita pelajari lebih lanjut, sebenarnya WWW merupakan
kumpulan dokumen yang tersimpan di server web, dan tambahan informasi, server
tersebar di hampir semua benua di dunia. Di Indonesia pun kita juga mempunyai
server internet.
Dokumen-dokumen tersebut dibuat disimpan dalam format
HTML (Hypertext Markup Language). Suatu halaman dokumen informasi terdiri atas
teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain,
misalnya suara, video, dan gambar. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut
sebagai link atau dalam tejemahan bahasa Indonesia disebut pranala. (NB:
meskipun demikian kata link lebih populer daripada kata pranala, sebagaimana
kita ‘edit’ lebih populer daripada kata ‘sunting’.
I.
File Transfer Protocol
1.
Struktur FTP
Dengan begitu tersedianya beragam informasi di
Internet, seringkali pengguna ingin mengcopy file tersebut. Sebagai contoh,
bila ditemukan file atau program yang menarik dan berhubungan dengan masalah
yang dihadapi, untuk itu biasanya dilakukan modifikasi pada program tersebut
sesuai dengan kebutuhan. Hal ini tidak mungkin dilakukan modifikasi file
tersebut pada remote login, yang dilakukan adalah file tersebut dicopy ke mesin
local dan kemudian baru dimodifikasi. Fasilitas untuk melakukan ini adalah
dengan menggunakn ftp.
Proses ftp menggunakan ftp sebagai client, dan ftpd
sebagai server. Tetapi berbeda dengan koneksi telnet, ada 2 jenis koneksi yang
terjadi.
Sesuai dengan namanya, tugas protocol ftp ini adalah
mentransfer file dari komputer satu ke komputer lainnya. Ini tidak tergantung
dari lokasi komputer itu berada, bagaimana cara koneksinya, atau bahkan sistem
operasinya. Selama komputer tersebut mempunyai akses ke Internet , berarti
fasilitas ftp bisa digunakan. Dengan kata lain selama sistem komputer tersebut
memiliki protocol TCP/IP, maka fasilitas ftp dapat digunakan.
Seperti juga telnet, ftp juga mempunyai akses
berbagai macam database dan service. Dapat ditemukan berbagai macam dari file
artikel hinggai software dengan cuma-cuma. Bagi seorang peneliti maka fasilitas
ftp sangat membantu dalam membantu kerja dan ada yang menganggap bahwa ftp
merupakan suatu sarana umum untuk saling membagi data.
Ftp adalah program yang complex karena ada beberapa
cara untuk memanipulasi file dan struktur file. Beberapa format untuk menyimpan
(binary atau ASCII, compress atau uncompress, dll) dan ada beberapa cara
tambahan untuk mendapatkannya secara benar. Akan dibahas juga sekilas tentang
FTP anonymous. Hampir semua public archives mempunyai fasilitas ini.
2.
Protocol FTP
Protocol FTP menggunakan 4 karakter ASCII yang
diakhiri dengan karakter Newline. Beberapa kode membutuhkan parameter setelah
kode tersebut. Keuntungan menggunakan karakter ASCII, adalah untuk memudahkan
user melihat aliran perintah dalam upaya pemeriksaan pentrasnferan file.. Juga
memudahkan untuk mengakses ftpserver tanpa menggunakan ftp client.
FTP ini tersedia pada sebagian besar mesin UNIX.
yang mengimplementasikan TCP/IP. Dengan menggunakan
FTP client di
mesin yang berbasiskan
DOS/Windows, maka dapat dilakukan
transfer data antara kedua mesin tersebut.
J.
Telnet
Telnet (Telecommunication network)
adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di koneksi Internet atau Local
Area Network. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD
8, salah satu standar Internet pertama. TELNET memiliki beberapa keterbatasan
yang dianggap sebagai risiko keamanan.
Telnet adalah aplikasi remote login Internet. Telnet
digunakan untuk login ke komputer lain di Internet dan mengakses berbagai macam
pelayanan umum, termasuk katalog perpustakaan dan berbagai macam database.
Telnet memungkinkan pengguna untuk duduk didepan komputer yang terkoneksi ke
internet dan mengakses komputer lain yang juga terkoneksi ke internet. Dengan
kata lain koneksi dapat terjadi ke mesin lain di satu ruangan, satu kampus,
bahkan setiap komputer di seluruh dunia.
Setelah terkoneksi, input yang diberikan pada keyboard akan mengontrol
langsung ke remote computer tadi. Akan dapat diakses pelayanan apapun yang
disediakan oleh remote machine dan hasilnya ditampilkan pada terminal lokal.
Dapat dijalankan session interaktif normal (login, eksekusi
command), atau dapat diakses berbagai service seperti: melihat catalog dari
sebuah perpustakaan, akses ke teks dari USA today, dan masih banyak lagi
service yang disediakan oleh masing-masing host pada di network.
Telnet menggunakan 2 program, yang satu adalah client
(telnet) dan server (telnetd). Yang terjadi adalah ada dua program yang
berjalan, yaitu software client yang dijalankan pada komputer yang meminta
pelayanan tersebut dan software server yang dijalankan oleh komputer yang
menghasilkan pelayanan tadi
Tugas dari client
1.
Membuat
koneksi network TCP (Transfer Control Protocol) dengan server.
2.
Menerima
inputan dari user
3.
Menformat
kembali inputan dari user kemudian mengubah dalam bentuk format standard dan
dikirim ke server.
4.
Menerima
output dari server dalam format standard.
5.
Mengubah
format output tadi untuk ditampilkan pada layar.
6.
Menginformasikan
software jaringan bahwa komputer itu siap menerima koneksi.
7.
Menunggu
permintaan dalam bentuk format standard.
8.
Melaksanakan
permintaan tersebut.
9.
Mengirim
kembali hasil ke client dalam bentuk format standard.
10.
Menunggu
permintaan selanjutnya..
Telnet adalah program yang memungkinkan komputer host
Internet anda menjadi terminal dari komputer host lain di Internet. Dengan ftp
anda dapat membuka koneksi hanya untuk mentransfer file. Telnet memungkinkan
anda untuk login sebagai pemakai pada komputer jarak jauh dan menjalankan
program layanan Internet yang disediakan oleh komputer tersebut. Telnet
menyediakan akses langsung ke beragam layanan di Internet.
Komputer host anda memang menyediakan beragam layanan, namun
jika layanan tersebut tidak ada, anda bisa menggunakannya melalui Telnet.
Misalnya ketika masyarakat Internet menulis interface untuk membantu pengguna
lain, Telnet memungkinkan anda mengakses host mereka dan menggunakan interface yang
mereka buat. Demikian juga ketika seorang membuat layanan yang bermanfaat,
Telnet memungkinkan anda mengakses sumber daya informasi yang berharga ini.
Cara
pengunaan Telnet
Cara penggunaan Telnet ini sangat
mudah, anda ketik telnet diikuti dengan alamat yang ingin anda hubungi bila
menggunakan UNIX atau klik icon Telnet di Windows kemudian pilih menu connect
kemudian remote system.
1.
Menggunakan UNIX
%
telnet well.sf.ca.us
Trying
198.93.4.0…
Connected
to well.sf.ca.us.
Escape
character is '^]'.
Unix(r)
System V Release 4.0 (well)
This
is the WELL
Type
newuser to sign up.
Type
trouble if you are having trouble logging in.
Type
guest to learn about the WELL.
If
you already have a WELL account, type your username.
Login:
|
Jika sudah tersambung berarti sudah berada di terminal pada
komputer jarak jauh tersebut dan bisa berinteraksi dengan program yang
tersedia. Telnet secara diam-diam ada di belakang layar saat anda berinteraksi
dengan komputer jarak jauh tersebut. Dalam kebanyakan kasus, perintah yang perlu
diketahui adalah perintah yang digunakan pada host jarak jauh. Host kemungkinan
menjalankan Unix, meskipun anda juga dapat menjumpai sistem operasi lain pada
server host seperti UMS atau Windows NT. Sebagian besar sistem, terutama
database, menawarkan menu. Apabila menu tidak tersedia, maka lebih baik amati
file bantu (help) yang tersedia. Dapat diketikan ? atau help atau cukup h untuk
mengamati apakah file bantu tersedia. Untuk mengakhiri sesi Telnet ketik quit
atau exit, pada beberapa sistem menggunakan bye atau off. Bila
menggunakan Windows tergantung program yang digunakan misal WinTel, tinggal
click pada Icon program yang bersangkutan.
2.
Menggunakan putty
a.
Jalankan
putty
b.
Masukan
alamat server host
c.
Pilih
telnet dengan default port 32
d.
Klik
open
e.
Muncul
login halaman hitam dengan 1 cursor dan menu
f.
Login
dan masuk ke host yang di tuju
3.
Menggunakan command windows
a.
Masuk
ke command windows
b.
Ketikan
c:\telnet host_tujuan
contoh
"c:\telnet 192.168.0.1"
c.
Welcome
to Microsoft Telnet Client
Escape
Character is 'CTRL+]'
You
are about to send your password information to a remote computer in Internet zone.
This might not be safe. Do you want to send anyway(y/n):
d.
Pilih
"n" dan tekan enter
e.
Login
K.
Internet
Relay Chat
Internet Relay Chat adalah suatu
bentuk komunikasi di Internet yang diciptakan untuk
komunikasi interpersonal terutama
komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel (saluran), tetapi juga bisa untuk komunikasi
jalur pribadi.
IRC
muncul sebagai saluran komunikasi pintu belakang yang menarik yang meliput
kejadian-kejadian penting. Pada saat alat-alat komunikasi
tradisional tak dapat berfungsi dengan baik, IRC dapat menjadi alternatif yang
dapat diandalkan.
1.
Sejarah IRC
IRC diciptakan oleh Jarkko Oikarinen (nickname "WiZ") pada akhir Agustus1988 untuk menggantikan program di BBS
yang disebut MUT (MultiUser Talk), di Finlandia di sebut
OuluBOX. Oikarinen menemukan inspirasi Bitnet Relay Chat yang beroperasi di
dalam Jaringan Bitnet. Dia
membuat IRC client dan IRC server di Universitas Oulu, Finlandia (Pada saat
dia bekerja di Departemen Informasi Ilmu
Pengetahuan). Sekarang IRC sudah digunakan di lebih dari 60 negara di seluruh dunia.
Pada tahun 1992 Internet Relay Chat kemudian disempurnakan tepatnya pada
saat perang gurun. Antara periode ini, informasi diterima
dan disalurkan ke seluruh dunia sehingga karena dengan IRC manusia dapat berkomunikasi dengan
jarak beribu-ribu mil. IRC adalah
sebuah tempat pertemuan untuk siapa saja yang membutuhkan informasi langsung up
to date dan dapat dipergunakan.
2.
Bagian-bagian IRC
Terdiri
dari bermacam-macam "network" (jaringan atau "nets") IRC server, mesin-mesin
untuk menghubungkan pemakai dengan IRC. Nets yang terbesar adalah EFnet (IRC
net yang pertama, yang kadang-kadang memiliki lebih dari 32000 pengguna IRC
dalam satu saat), Undernet, IRCnet, DALnet, NewNet. Server-server tersebut
yang menghantarkan informasi-informasi ke dan dari satu server ke server yang lain di
dalam net yang sama. Client-client yang direkomendasikan:
a.
UNIX/Shell: ircII
b.
Windows:
mIRC
or PIRCH
c.
Macintosh:
Ircle
Channel-channel
dalam IRC dikelola oleh "channel operator",atau
"ops". Channel operator adalah orang-orang
yang berkuasa di channel tersebut, dan keputusan-keputusan mereka tidak dapat
diganggu gugat. Mereka dapat "memilih" siapa saja yang bisa join di
channel tersebut, siapa yang berhak berbicara (dengan membuat channel tersebut
"moderated") dan juga menolak (dengan mem-"ban" beberapa
pemain) Jika ada di-"ban" dari suatu channel, bicaralah dengan channel
operator,
dan minta dengan baik agar dia mengijinkan Anda untuk bergabung dengan channel
tersebut (dengan meng-"unban").
IRC
server dikelola
oleh IRC admin dan IRC operator (atau "IRCops"). IRCops tidak turut
campur dalam urusan pribadi orang-orang, perang antar channel, memberi status
op, dan lain-lain. Mereka bukanlah "IRC cops".
3.
Menggunakan IRC
Saat
kita menggunakan Internet Relay Chat, kita akan disambut oleh Message of the
Day (Pesan Hari Ini) atau MOTD yang berisi informasi
tentang situs dan
lalu lintas pada jaringan. Ketika menggunakan IRC, pengguna diminta untuk
menyebutkan nama julukan atau samaran. Sang pengguna memiliki suatu program
(yang disebut "client") untuk menghubungkan Anda dengan suatu server dari salah
satu IRC nets tersebut di atas.
Bila
telah log in
pada client IRC, pengguna dapat secara otomatis menggunakan saluran aktif yang
bernama #chatzone. Semua saluran atau channel IRC diawali tanda (#) ada juga
dengan tanda (&). Channel-channel tersebut adalah channel-channel lokal di
satu server saja
sehingga pengguna harus bergabung dengan server tersebut
untuk dapat bergabung dengan channel. Semua perintah IRC dimulai dengan garis
miring (/). Misalnya untuk mengetahui daftar saluran yang sedang digunakan pada
saat yang bersangkutan dan jumlah orang yang bercakap-cakap, ketik perintah “/list”. Untuk turut
serta dalam percakapan di Internet ini, tinggal beri
perintah ”/join” diikuti tanda #(nama saluran). Jika pengguna telah memiliki
program seperti mIRC
untuk Windows,
beberapa perintahnya dapat dipilih dari menu-nya. Semua perintah-perintah dasar
IRC berlaku untuk semua client-client.
4.
Beberapa
perintah dasar IRC
/Bye untuk
keluar dari channel dan program IRC
/Help untuk
meminta fasilitas bantuan yang akan menerangkan perintah IRC
/Ignore diikuti
alamat email atau nama
julukan pengguna lain untuk menolak saluran komunikasi dengan pengguna
individu tersebut.
/Msg untuk
mengirimkan pesan khusus kepada pengguna lain, diikuti nama julukannya lalu isi
pesan
/Names untuk
menunjukkan nama seluruh pengguna yang berada dalam channel tersebut.
/Nick untuk
mengganti nama julukan atau nama samaran sebelumnya
/Whois diikuti
nama julukan, akan menunjukkan informasi mengenai
pengguna tersebut.
5.
Menghubungi IRC
Pengguna IRC menjalankan program client yang berhubungan dengan sebuah server yang letaknya entah dimana. Lebih
baik jika pengguna memiliki client lokal, hal tersebut dapat dicari tahu dengan
mengetik IRC pada prompt komputer. Jika tidak
ada, pengguna dapat menghubungi perusahaan jasa langganan untuk memasang client
lokal.
Untuk mudahnya, pengguna dapat bergabung dengan channel-channel seperti:
#new2irc, #newuser, #newbies atau #chatback #chat #ircbar. Jika pengguna
membutuhkan pertolongan lebih lanjut dengan mIRC, pengguna dapat bergabung dengan
#new2mirc atau #mirchelp. Untuk pertolongan dengan pertanyaan-pertanyaan yang
sifatnya lebih umum, pengguna dapat bergabung dengan #irchelp.
Channel-channel di atas menggunakan bahasa Inggris sebagai
bahasa pengantar. Bila pengguna ingin berbahasa Indonesia, dapat
bergabung dengan #bawel, #pondok, #indo, #puncak, dan masih banyak lagi. Untuk
membentuk channel sendiri, misalnya dengan nama #Surya (dengan catatan bahwa channel
tersebut belum dibentuk oleh orang lain), pengguna cukup mengetikkan /join #Surya. Channel itu akan terbentuk dan
pengguna adalah sang channel-op.
Beberapa situs IRC adalah
untuk umum. Biasanya situs ini sangat
padat karena banyak pengguna yang terhubung ke dalamnya. Berikut beberapa
alamat client milik umum
sci.dixie.edu
6677
exuokmas.ecn.uoknor.edu
6533
obelix.wu-wien.ac.at
6996
irc.tuzvo.sk
6533
irc.nsycu.edu.tw
6533
6.
Masalah-masalah
dalam server
Gangguan dapat saja
terjadi di dalam ber-IRC.
a.
Net Split
Netsplit
adalah kondisi dimana network bisa terpisahkan, sehingga pengguna akan
terpisahkan dengan pemain-pemain lain. Lamanya split ini tidak bisa ditebak,
kadang hanya terjadi sebentar saja, tetapi kadang-kadang juga dapat memakan
waktu sampai berhari-hari.
b.
Lag
Gangguan
yang paling umum adalah "lag", dimana terjadi semacam hambatan
("delay") antara waktu saat pengguna mengetikkan suatu kalimat, dan
waktu saat pemain lain membacanya. Cara mengatasinya adalah dengan memilih
server yang dekat karena dapat mengurangi lag. Lag dapat diukur dengan
menggunakan perintah /ping. Hal ini dapat ditanggulangi dengan mengganti server
Anda, dengan menggunakan perintah /server nama.server.di.sini.
c.
Ping? Pong!
Untuk
para pengguna mIRC: Ping? Pong! di status, artinya server baru saja melakukan
"ping" kepada client. Sebenarnya tujuannya adalah untuk melihat
apakah pengguna masih berhubungan dengan server, dan Anda
secara otomatis menjawab dengan "pong". Hal ini sebenarnya tidak
perlu dikhawatirkan.
L.
VOIP
Voice over Internet Protocol (juga
disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital
Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh
melalui media internet.
Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan
paket-paket data,
dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.
Definisi
VoIP adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP).
Protokol
Voice over IP telah diimplementasikan dalam berbagai macam jalan
menggunakan hak milik dan standar serta protokol terbuka. Contoh protokol
jaringan yang digunakan untuk mengimplementasikan VoIP meliputi:
H.323
Media
Gateway Control Protocol (MGCP)
Session
Initiation Protocol (SIP)
Real-time
Transport Protocol (RTP)
Session
Description Protocol (SDP)
Inter-Asterisk
eXchange (IAX)
Protokol H.323 adalah salah satu dari Protokol VoIP yang penerapannya
ditemukan secara luas untuk lalulintas jarak jauh, seperti layanan Jaringan
Area Lokal (LAN). Namun, karena perkembangan baru, protokol yang lebih kompleks
seperti MGCP dan SIP, H.323 penyebaran semakin terbatas untuk membawa jarak
jauh yang ada lalu lintas jaringan. Secara khusus, Session Initiation Protocol
(SIP) telah mendapatkan penetrasi pasar luas VoIP.
Sebuah implementasi milik penting adalah protokol Skype, yang sebagian
didasarkan pada prinsip-prinsip peer-to-peer (P2P) jaringan.
Perbandingan
dengan jaringan suara konvensional
Pada
jaringan suara konvesional pesawat telepon langsung terhubung dengan PABX (Privat Automated
Branch exchange) atau jika milik TELKOM terhubung langsung dengan STO (Sentral telepon Otomat)
terdekat. Dalam STO ini ada daftar nomor-nomor telepon yang disusun secara
bertingkat sesuai dengan daerah cakupannya. Jika dari pesawat telepon tersebut
mau menghubungi rekan yang lain maka tuts pesawat telepon yang ditekan akan
menginformasikan lokasi yang dituju melalui nada-nada DTMF, kemudian jaringan akan secara
otomatis menghubungkan kedua titik tersebut.
Bentuk
paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer
terhubung dengan internet. Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP
adalah komputer yang terhubung ke internet, mempunyai kartu suara yang
dihubungkan dengan speaker dan mikropon. Dengan dukungan perangkat
lunak khusus, kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam koneksi
VoIP satu sama lain.
Bentuk
hubungan tersebut bisa dalam bentuk pertukaran file, suara,
gambar.
Penekanan utama untuk dalam VoIP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara.
Jika kedua lokasi terhubung dengan jarak yang cukup jauh (antar kota, antar
negara) maka bisa dilihat keuntungan dari segi biaya. Kedua pihak hanya cukup
membayar biaya pulsa internet saja, yang biasanya akan lebih murah daripada
biaya pulsa telepon sambungan langsung jarak jauh (SLJJ) atau internasional
(SLI).
Pada
perkembangannya, sistem koneksi VoIP mengalami evolusi. Bentuk
peralatan pun berkembang, tidak hanya berbentuk komputer yang saling
berhubungan, tetapi peralatan lain seperti pesawat telepon biasa terhubung
dengan jaringan VoIP. Jaringan data digital dengan gateway untuk VoIP
memungkinkan berhubungan dengan PABX atau jaringan analog telepon biasa.
Komunikasi antara komputer dengan pesawat (extension) di kantor adalah
memungkinkan. Bentuk komunikasi bukan Cuma suara saja. Bisa berbentuk tulisan
(chating) atau jika jaringannya cukup besar bisa dipakai untuk Video
Conference. Dalam bentuk yang lebih lanjut komunikasi ini lebih dikenal dengan
IP Telephony yang merupakan komunikasi bentuk multimedia sebagai kelanjutan
bentuk komunkasi suara (VoIP). Keluwesan dari VoIP dalam bentuk jaringan,
peralatan dan media komunikasinya membuat VoIP menjadi cepat popular di masyarakat
umum.
Khusus
untuk VoIP bentuk primitif dari jaringan adalah PC ke PC. Dengan memakai PC yang ada soundcardnya
dan terhubung dengan jaringan maka sudah bisa dilakukan kegiatan VoIP .
Perkembangan berikutnya adalah pengabungan jaringan PABX dengan jaringan VoIP.
Disini dibutuhkan VoIP gateway. Gambarannya adalah lawan bicara menggunakan
komputer untuk menghubungi sebuah office yang mempunyai VoIP gateway.
Pengembangan lebih jauh dari konfigurasi ini berbentuk penggabungan PABX antara
dua lokasi dengan menggunakan jaringan VoIP. Tidak terlalu dipedulin bentuk
jaringan selama memakai protocol TCP/IP maka kedua lokasi bisa saling
berhubungan. Yang paling komplek adalah bentuk jaringan yang menggunakan semua
kemungkinan yang ada dengan berbagai macam bentuk jaringan yang tersedia.
Dibutuhkan sedikit tambahan keahlian untuk bentuk jaringan yang komplek seperti
itu.
Pada
awalnya bentuk jaringan adalah tertutup antar lokasi untuk penggunaan sendiri
(Interm, Privat). Bentuk jaringan VoIP kemudian berkembang lebih komplek. Untuk
penggunaan antar cabang pada komunikasi internal, VoIP digunakan sebagai
penyambung antar PABX. Perkembangan selanjutnya adalah gabungan PABX tersebut
tidak lagi menggunakan jaringan tertutup tetapi telah memakai internet sebagai
bentuk komunikasi antara kantor tersebut. Tingkat lebih lanjut adalah
penggabungan antar jaringan. Dengan segala perkembangannya maka saat ini telah
dibuat tingkatan (hirarky) dari jaringan Voip.
Aplikasi VoIP dan
Keamanannya
Salah
satu aplikasi VoIP yang tersedia adalah Skype. Skype adalah ''software'' aplikasi
komunikasi suara berbasis IP melalui internet antara sesama pengguna Skype.
Pada saat menggunakan Skype maka pengguna Skype yang sedang online akan mencari
pengguna Skype lainnya lalu mulai membangun jaringan untuk menemukan
pengguna-pengguna lainnya. Skype memiliki berbagai macam fitur yang dapat
memudahkan penggunanya. Skype juga dilengkapi dengan SkypeOut dan SkypeIn yang
memungkinkan pengguna Skype untuk berhubungan dengan pengguna telepon
konvensional dan telepon genggam.
Skype
menggunakan protokol HTTP
untuk berkomunikasi dengan Skype server untuk otentikasi username/password dan
registrasi dengan Skype directory server. Versi modifikasi dari protokol HTTP
digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama Skype client. Keuntungan yang
dimiliki aplikasi ini adalah tersedianya layanan keamanan dalam pentransmisian
data yang berupa suara. Layanan keamanan yang diberikan adalah sebagai
berikut :
1.
Privacy
Skype
menggunakan AES (Advanced Encryption Standard) 256-bit untuk proses enkripsi dengan total
probabilitas percobaan kunci (brute-force attack) sebanyak 1,1 x E-77 kali,
sedangkan untuk proses pertukaran kunci (key exchange) simetriknya menggunakan
RSA 1024-bit. Public key pengguna akan disertifikasi oleh Skype server pada
saat login dengan menggunakan
sertifikat RSA 1536 atau 2048-bit. Skype secara otomatis akan mengenkripsi
semua data sebelum ditransmisikan melalui internet.
2.
Authentication
Setiap
pengguna Skype memiliki sebuah username dan sebuah password. Dan setiap
username memiliki sebuah alamat e-mail yang teregistrasi. Untuk masuk ke sistem
Skype , pengguna harus menyertakan pasangan username dan passwordnya. Jika
pengguna lupa password tersebut maka Skype akan mengubahnya dan mengirimkan
password yang baru ke alamat e-mail pengguna yang sudah teregistrasi.
Pendekatan ini dikenal dengan E-mail Based Identification and Authentication.
Dikarenakan Skype merupakan sistem komunikasi suara maka setiap penggunanya
dapat secara langsung mengidentifikasi lawan bicaranya melalui suaranya.
Keuntungan VoIP
1.
Biaya lebih rendah untuk sambungan
langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi
yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
2.
Memanfaatkan infrastruktur jaringan data
yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan.
Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah.
Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
3.
Penggunaan bandwidth yang lebih kecil
daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk
voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan
suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
4.
Memungkinkan digabung dengan jaringan
telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa
disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa
menggunakan pesawat telepon biasa
5.
Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa
digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.
6.
Variasi penggunaan peralatan yang ada,
misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset
Kelemahan dari VoIP
1.
Kualitas suara tidak sejernih
jaringan PSTN. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka
akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional.
Namun jika koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita-lebar/broadband
seperti Telkom Speedy,
maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan
tidak terputus-putus.
2.
Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses
perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam
komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband
(lihat di poin atas).
3.
Regulasi dari pemerintah RI membatasi
penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom.
4.
Jika belum terhubung secara 24 jam ke
internet perlu janji untuk saling berhubungan.
5.
Jika memakai internet dan komputer di
belakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus
untuk membuat VoIP tersebut berjalan
6.
Tidak pernah ada jaminan kualitas jika
VoIP melewati internet.
7.
Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP
yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif
berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga
peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
8.
Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck.
Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada
menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu
agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.
9.
Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi
dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran
Komunitas VoIP
Komunitas pengguna/pengembang
VoIP di masyarakat, berkembang di tahun 2000. Komunitas awal pengguna/pengembang
VoIP adalah “VoIP Merdeka”.”VoIP Merdeka” (VM) dicetuskan oleh Onno W. Purbo.
Teknologi yang digunakan oleh "VoIP Merdeka" (VM) adalah H.323 yang
merupakan teknologi awal VoIP. Sentral VoIP Merdeka di hosting di Indonesia Internet Exchange (IIX) atas
dukungan beberapa ISP
dan Asossiasi Penyelenggara Jaringan Internet (APJII). Kode area "VoIP
Merdeka" pada saat itu secara aklamasi di tentukan menjadi 6288, tentunya
tanpa memperoleh restu dari pemerintah.
Pada tahun 2005, Anton Raharja dkk
dari ICT Center Jakarta mulai mengembangkan VoIP jenis baru berbasis Session Initiation
Protocol (SIP). Teknologi SIP merupakan teknologi pengganti H.323 yang
sulit menembus proxy server. Pada tahun 2006, infrastruktur
VoIP SIP di kenal sebagai VoIP Rakyat.
Kualitas suara
Kualitas suara VoIP dipengaruhi oleh
beberapa parameter yaitu kapasitas bandwidth,
tingkat hilang paket dan waktu tunda yang terjadi di dalam jaringan. Kapasitas
bandwidth adalah ketersediaan sumber daya jaringan dalam bentuk lebar pita yang
digunakan untuk mentransmisikan data paket. Tingkat hilang
paket adalah parameter yang menyatakan
besarnya laju kesalahan yang terjadi sepanjang jalur pengiriman data paket dari
pengirim ke penerima. Waktu tunda adalah parameter yang menyatakan rentang
waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket dari pengirim ke penerima.
M.
Membuat Website
1.
Domain
Domain adalah nama atau
alamat dari sebuah website. Di Internet, setiap orang harus mengetikkan sebuah
nama domain untuk bisa membuka dan membaca isi dari sebuah website. Dalam hal
ini, peranan pemilihan nama domain cukup penting untuk membedakan website Anda
dengan website orang lain.
Domain ini terdiri dari
nama domain dan extension. Contoh blogbisnisinternet.com, blogbisnisinternet
adalah nama domain dan .com adalah extensionnya. Extension biasanya mewakili
untuk kategori tertentu seperti .com untuk keperlukan komersial, .net untuk
keperluan jaringan, .org untuk keperluan website nonkomersial, dan
lain-lainnya.
Extension
bermacam-macam, bisa berupa TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, .org
atau ada juga yang berupa cTLD (country Top Level Domain) seperti .co.id,
.co.cc dimana id mewakili domain negera Indonesia.
Untuk memilih nama
domain Anda bisa menggunakan website yang menyediakan jasa registrasi nama
domain atau dengan menggunakan software domain tools untuk membantu memilih
nama domain untuk website Anda.
Bila Anda mengunakan
website yang menyediakan jasa registrasi nama domain, contohnya
domainhostingmurah.net, Anda tinggal masukkan nama domain yang Anda sukai untuk
mengecek apakah masih tersedia atau tidak .
Anda buka http://www.domainhostingmurah.net dan masukkan nama
doman dan extension yang Anda pilih.Bila masih tersedia, Anda bisa melakukan
registrasi nama domain tersebut.
Usahakan untuk memilih
nama domain dengan extension .com karena lebih umum dan lebih banyak dikenal
orang. Registrasi domain ini akan dilakukan pertahun, setahun sekali Anda harus
membayar biaya registrasi domain tersebut bila Anda ingin tetap memiliki dan
menggunakannya.
Dan bila Anda tidak
melakukan perpanjangan registrasi untuk tahun berikutnya, maka setelah domain
Anda expired, domain tersebut akan terbuka kembali untuk umum sehingga orang
lain bisa mendaftarkan dan menggunakannya.
Bila Anda tidak
memiliki bayangan untuk nama domain Anda, Anda bisa menggunakan domain tools
untuk membantu Anda memberikan saran nama domain yang bisa Anda gunakan. Anda
buka http://domaintools.com dan pilih Tabs "Suggestions".
Dan masukkan kata-kata yang akan Anda gunakan dalam nama domain Anda. Anda bisa
memasukan lebih dari satu kata dan dipisahkan dengan tanda (,).
Dan dari domaintools.com ini, Anda bisa
menggunakan fasilitas lainnya seputar domain.
Tips dalam memilih nama domain antara lain:
a.
Pilih nama domain yang simpel dan mudah diingat
b.
Pilih nama domain yang sesuai dengan mewakili isi dan
tujuan dari website Anda, untuk mempermudah orang mengingat nama domain atau alamat
website Anda nantinya.
c.
Bila Anda menggunakan nama domain yang panjang,
usahakan menggunakan nama domain yang berisi kata-kata yang umum, sehingga
menghidari untuk kesalahan dalam menuliskan nama domain.
d.
Anda bisa menggunakan tanda (-) bila Anda mau.
e.
Usahakan pilih domain .com
f.
Anda bisa mengikut sertakan keyword dalam nama domain
Anda untuk membantu proses SEO (search engine optimization), agar website Anda
tampil di search engine dengan posisi lebih atas.
Pada langkah
ini, Anda sudah mendapatkan nama domain untuk website Anda.
2.
Hosting
Hosting
adalah tempat Anda meletakkan file-file website Anda di sebuah server yang
terhubung dengan jaringan internet. Jadi agar website Anda bisa ditampilkan,
maka file-file website perlu Anda simpan di sebuah server hosting. Anda perlu membeli
paket hosting.
Harga dari
sebuah paket hosting bermacam-macam, tergantung fasilitas yang diberikan. Anda
bisa membeli paket hosting di luar negeri maupun di Indonesia.
Dalam memilih paket Hosting, Anda beberapa hal yang perlu diperhatian
yaitu:
a.
Sistem Server yang
digunakan apakah Linux atau Windows. Hal ini akan menentukan software dan
bahasa pemograman website yang bisa digunakan. Kebanyakan orang menggunakan
Linux. Anda pilih Linux saja.
b.
Besaran Disk Space yang
diberikan. Disk Space adalah kapasitas pada server hosting yang diberikan untuk
Anda, untuk menyimpan file-file website Anda. Seperti besaran space untuk
menyimpan file Anda di komputer Anda. Tentunya pilihan terbaik adalah paket
hosting yang memberikan Disk Space yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
c.
Besaran Bandwidth yang
diberikan. Bandwidth adalah kapasitas akses perbulan yang diberikan untuk mengakses
website Anda. Setiap orang yang membuka website atau mendownload file dari
website Anda agar bisa ditampilkan pada browser firefox atau internet
explorer-nya akan mendownload file Anda, hal tersebut akan memakan bandwidth.
Dan kapasitas pemakaian bandwidth ini akan direset setiap awal bulan.
d.
Domains Allowed. Jumlah
domain yang bisa digunakan dalam sebuah paket hosting. Anda bisa menggunakan 1
buah paket hosting untuk semua domain Anda bila paket hosting tersebut
memberikan akses untuk itu, dan Anda juga perlu mempertimbangkan besarnya disk
space maupun bandwiidth yang diberikan, apakah cukup untuk menjalankan
domain-domain Anda.
e.
Jumlah Database yang
diijinkan. Contoh untuk Linux, berapa banyak jumlah database MySQL yang diijinkan.
Untuk pembelian domain dan hosting ini tidak perlu
Anda lakukan pada satu buah perusahaan. Anda bisa membelinya dari tempat-tempat
yang berbeda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menghubungkan antara domain dan
hosting ini dengan melakukan setting DNS (Domain Name Server) pada account
domain Anda. Hal ini dilakukan untuk mengkoneksi domain dengan hosting.
3.
Software Website
Bila Anda belum tahu software website yang akan Anda gunakan, Anda bisa
googling di internet, untuk melihat website-website lain yang sudah ada, dan
lihat contoh website yang Anda rasa cocok sebagai website yang Anda inginkan.
Anda
dapat mengecek pada website yang sudah ada tersebut, websitenya menggunakan
software apa? Bila website tersebut menggunakan software website open source
seperti blog wordpress, joomla, phpbb, dan lain-lainnya, tentunya Anda bisa
membuat website yang sama. Tetapi harap di ingat yang Anda contoh adalah jenis
websitenya, bukan mencopy tampilan, dan isi (content) websitenya, hal tersebut
tidak diperbolehkan